Anggota TPN-OPM Menyatakan Diri Kembali ke NKRI

ANGGOTA TPN OPM

topmetro.news – Empat anggota TPN OPM (Tentara Pembebasan Nasional – Organisasi Papua Merdeka) pimpinan Matias Wenda menyatakan diri kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tidak hanya menyatakan sikap kembali ke NKRI. Mereka juga menyerahkan satu buah pucuk senjata organik M-16. Senjata itu diterima langsung oleh Danrem 172/PWY Kolonel Inf Binsar Sianipar. Penyerahan berlangsung di Kotis Pamtas Yonif PR 328/DGH Kostrad, di Perbatasan Skouw Wutung, Jumat (25/1/2019) siang.

Empat anggota tersebut terdiri dari tiga orang pria dan seorang wanita yang tengah hamil. Diketahui mereka merupakan dua keluarga (identitasnya sengaja disembunyikan). Mereka disebut sudah bertahun tahun bergabung dalam kelompok Matias Wenda yang selama ini dikenal sebagai salah satu Panglima TPN OPM wilayah Papua selain Goliat Tabuni. Mereka tinggal di negara tetangga Papua Nugini

Danrem 172 PWY Kolonel Inf Binsar Sianipar menjelaskan, dari keempatnya satu di antaranya merupakan pejabat yang berada langsung di bawah komando Mathias Wenda

Bahkan mereka juga terlibat dalam sejumlah aksi penyerangan di wilayah perbatasan Papua – PNG. Salah satunya penyerangan dan penyanderaan warga pada 2014 lalu yang menewaskan seorang warga sipil.

BACA JUGA: Menhan: Ba’asyir Harus Akui Pancasila

Seribuan Anggota TPN OPM

“Ini hal yang luar biasa. Mereka bukan orang asing tapi Warga Negara Indonesia (WNI) yang dulu memiliki persepsi berbeda. Hari ini mereka datang dengan kesadaran mereka. Kita fasilitasi mereka kembali menjadi WNI,” ujar Danrem Binsar di Pos Skow Wutung Perbatasan Indonesia-PNG

Menurut dia, melalui program ‘Operasi Cinta Kasih’, pihaknya memberikan pelayanan ke masyarakat. Sehingga semua persoalan bisa diselesaikan dengan metode cinta kasih.

“Terpenting mereka mau kembali, membangun komitmen untuk membangun Indonesia. Selama ini mereka mau kembali, tapi tidak ada yang fasilitasi,” ungkap Danrem didampingi Wakil Walikota Jayapura Rustan Saru, Kepala PLBN Yan Numbery, dan Dansatgas Yonif PR 328/DGH Kostrad Mayor Inf Erwin Iswari.

Seraya menambahkan, saat ini masih terdapat seribuan anggota TPN OPM yang tinggal di sejumlah wilayah di PNG. “Kita berharap pemerintah bisa membantu menyediakan tempat tinggal. Dan menyiapkan lapangan pekerjaan, ketrampilan buat mereka. Kita akan membantu memfasilitasi berkomunikasi dengan aparat satuan kewilayahan dan juiga stake holder,” katanya.

Wakil Walikota Jayapura Rustan Saru menyampaikan apresiasi kepada TNI yang telah memfasilitasi kembalinya anggota TPN OPM. “Kita akan lakukan pembinaan perhatian pendampingan termasuk pengawasan yang wajar dan manusiawi sehingga mereka bisa hidup layak,” katanya.

sumber: beritasatu.com

Related posts

Leave a Comment